Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Istilah Istilah Dalam Dunia Cryptocurrency


Perkembangan dalam dunia Cryptocurrency tidak bisa kita pungkiri lagi, semakin tahun trend mata uang digital ini semakin berkembang pesat. Banyak coin-coin baru yang siap bersaing di pasaran. Disamping itu, mungkin ada beberada istilah dalam dunia Cryptocurrency yang agak asing bagi kita. Oleh karena itu, admin merangkum Kumpulan Istilah Istilah Dalam Dunia Cryptocurrency agar kita bisa mengikuti perkembangan dunia cryptocurrency dengan pemahaman yang baik, dan agar tidak salah pengertian. Baiklah berikut istilah istilahnya:

Altcoin
Altcoin adalah nama kolektif untuk cryptocurrency-cryptocurrency lain yg ditawarkan sebagai alternatif selain  bitcoin. Semua coin selain bitcoin misalnya Litecoin, Dogecoin, Darkcoin, dan coin-coin lainnya adalah altcoin.

ASIC (Application-Specific Integration Circuit)
ASIC kependekan dari Application-Specific Integration Circuit adalah IC (Integrated circuit) yang bekerja sesuai tujuan yang khusus& bukan ditujukan untukmelakukan tugas-tugas generik. Dalam coin mining, ASIC merupakan chip yg dibuat agar dapat melakukan tugas-tugas penambangan menggunakan algoritma tertentu.

ASIC Miner
ASIC Miner merupakan suatu perangkat yg terdiri atas ASIC chip, yang dirancang agar dapat menambang coin menggunakan algoritma tertentu. Misalnya ASIC miner untuk bitcoin, adalah sebuah perangkat yang terdiri dari ASIC chip yang dibuat agar dapat melakukan proses hash SHA256 untuk menambang bitcoin baru. ASIC miner ini bisa jua dipakai buat menambang coin-coin lainnya yang berbasis prosedur pemecahan  SHA256 seperti Freicoin & lain-lain. Contoh lainnya adalah ASIC miner yg dipakai untuk menambang coin-coin yang menggunakan prosedur pemecahan  Scrypt, misalnya Litecoin. ASIC miner seperti ini sanggup juga dipakai untuk menambang coin-coin dengan algoritma Scrypt yang lain seperti Dogecoin, Feathercoin dan lainnya. 

Bitcoin
Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama yg diperkenalkan pada publik. Satoshi Nakamoto menerbitkan sebuah whitepaper yg menyebutkan konsep dan perhitungan matematikanya pada tahun 2008, lalu disebarkan pada tahun berikutnya (2009). (Nakamoto awalnya dianggap sebagai nama samaran untuk seseorang atau sekumpulan orang yg membangun dan mengembangkan Bitcoin, dan hingga bulan Maret 2014, identitas asli mereka tidak pernah diketahui. Pada saat itu, dalam sebuah ekspos di majalah Newsweek Magazine terungkap bahwa Satoshi Nakamoto adalah sebenarnya nama asli dari pencipta coin ini). Mendapati informasi bahwa bitcoin merupakan cryptocurrency pertama, dan pada saat itu tidak ada kompetisi persaingan terhadapnya selama lebih dari 2 tahun, Bitcoin dengan gampangnya melenggang sebagai coin yang paling terkenal hingga saat ini. Bitcoin menggunakan algoritma penambangan SHA-256, dan ditambang dengan metode Proof of work.

Block
Block adalah deretan data transaksi, yang menjadi salah satu elemen dasar cryptocurrency. Saat transaksi-transaksi dilakukan, laporan informasi terkait masing-masing transaksi tadi dikumpulkan dan ketika data itu mencapai ukuran tetentu, data-data itu akan dirangkai sebagai sebuah blok. Sesegera mungkin sesudah sebuah blok terbentuk, mereka akan diproses oleh investor dan digunakan sebagai pembuktian transaksi;  Proses inilah yg dikenal sebagai pertambangan/mining.

Block Chain
Block chain adalah daftar lengkap blok yang sudah ditambang semenjak awal cryptocurrency tertentu diluncurkan. Rantai blok (Block Chain) didesain sedemikian rupa sehingga setiap blok berisi hash yang berkaitan dengan blok sebelumnya. Hal ini dibuat agar membuatnya lebih tahan terhadap pemalsuan (perubahan data yang tidak sah).

Block Reward
Merupakan penghargaan yang diberikan kepada penambang yang sudah berhasil melakukan hash terhadap suatu blok transaksi. Ini bisa terdiri atas campuran koin dan biaya  transaksi, tergantung pada kebijakan yang dipakai oleh cryptocurrency yang bersangkutan, dan apakah semua koin sudah berhasil ditambang. Bitcoin saat artikel ini ditulis memberikan reward sebanyak 25 bitcoin untuk setiap bloknya. Block reward akan dipotong menjadi setengahnya setiap kali blok sudah mencapai jumlah tertentu dan sudah berhasil ditambang. Dalam kasus bitcoin, ambang batas jumlah bloknya adalah setiap 210.000 blok.

Coinbase
Coinbase adalah nama lain yang digunakan sebagai input pada transaksi pembuatan coin yang baru. Ketika sebuah coin ditambang, maka coin itu tidak diambil berdasarkan pengguna atau pemilik coin lainnya, namun dihasilkan menjadi sebuah reward/ penghargaan untuk si penambang. Reward tersebut dicatat sebagai transaksi, tapi sebagai gantialamat pengguna coin lainnya (yang umumnya dicatat menjadi source/pengirim coin), sembarang data akan dipakai menjadi inputnya.
Coinbase juga merupakan nama lain dari sebuah layanan dompet coin yang juga menawarkan layanan proses pembayaran untuk para pedagang dan bertindak sebagai perantara pembelian coins berdasarkan bursa jual-beli.

Cryptocurrency
Cryptocurrency merupakan suatu bentuk mata uang yang hanya berlandaskan perhitungan matematika saja. Tidak seperti mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency dibuat dengan menggunakan pemecahan masalah-masalah matematika dengan teknik kriptografi. Jadi intinya, Cryptocurrency itu adalah sebutan untuk grup mata uang digital, dan yang namanya digital itu tentu berbau teknologi yang tidak dapat terpisahkan dengan perhitungan matematika bitreaders.

Depo (Deposit)
Depo atau deposit merupakan aktivitas mengisi saldo, pada dunia cryptocurrency istilah depo acapkali dipakai jika seorang melakukan sebuah investasi.


Difficulty
Difficulty adalah nomor atau angka  yang menentukan seberapa sulit untuk melakukan hash pada sebuah blok baru. Ini berkaitan dengan jumlah maksimum yang diijinkan dalam porsi numerik dari sebuah proses hash transaction block. Semakin kecil nilai diffculty, maka semakin sulit pula untuk menghasilkan nilai hash yg cocok. Difficulty bervariasi berdasar pada jumlah daya komputasi yang digunakan para penambang di jaringan suatu coin. Apabila penambang pada jumlah besar  meninggalkan suatu jaringan, maka angka difficulty akan menurun. Tetapi sejauh ini, dengan meningkatnya popularitas coin tertentu (seperti bitcoin misalnya) telah menarik banyak daya komputasi masuk pada jaringan mereka (dengan bertambahnya penambang-penambang baru), yang berarti bahwa tingkat difficulty selalu semakin meningkat.

Exchanger
Exchanger merupakan tempat untuk penukaran bitcoin ke USD, USD ke bitcoin atau coin-coin lainnya.

Faucet
Faucet dalam bahasa indonesia berarti kran. Faucet ini adalah situs web yg menyediakan coin gratis dalam waktu tertentu (Berbatas waktu).Biasanya setiap 5 menit, 10 menit, 1 jam dll tergantung owner web faucet itu sendiri.

Cut Lose ( Jual Rugi )
Biasanya tindakan ini harus kita ambil pada saat trading bitcoin atau altcoin lainnya ketika harga pasar mulai turun drastis dalam waktu yang sangat singkat. Tindakan cut lose kita ambil agar kita tidak mengalami kerugian yang lebih besar lagi. Tindakan ini wajib  diambil apabila market atau pasar coin belum terindikasi akan mengalami kenaikan.

GPU
Merupakan singkatan dari Graphical Processing Unit. Sebuah chip silikon yang dirancang khusus untuk perhitungan matematika yang kompleks dan diperlukan untuk membuat jutaan poligon pada permainan grafis personal komputer  terkini. GPU juga sangat cocok untuk melakukan perhitungan kriptografi yang dibutuhkan pada penambangan cryptocurrency.

Hash
Hash adalah sebuah proses matematis yang mengambil sejumlah variabel data & membuat output yang lebih pendek, dengan panjang yang sudah ditetapkan. Fungsi hashing mempunyai dua karakteristik yang penting. Pertama, secara matematis sulit untuk bagaimana mengetahui apa sebenarnya input aslinya hanya dengan melihat outputnya. Kedua, mengganti bahkan ke bagian terkecilnya berdasarkan input dan akan meubah hasil yang sama sekali tidak sama.

Hash Rate
Jumlah hash yang sanggup dikerjakan oleh sebuah miner pada satu satuan waktu (umumnya diukur dalam satuan detik)

HYIP
HYIP merupakan singkatan dari High Yield Investment Program, merupakan program investasi online. Mekanisme dari hyip adalah kita akan mendapatkan profit (keuntungan) pada jangka waktu tertentu. Profit tersebut tergantung dari seberapa besar modal kita dalam sebuah investasi.

Invest (investasi)
Invest atau investasi adalah aktivitas menanam modal dengan mengharapkan bunga ataupun profit dari hasil penanaman modal.

MBTC
mBTC disebut juga miliBitcoin, adalah hitungan 1 per seribu bitcoin (0.001 BTC).

Mining
Mining berarti menambang, dalam kasus cryptocurrency merupakan kegiatan dalam menambang coin. Untuk melakukan mining kita umumnya diharuskan membeli alat mining (mining hardware), altenatif lainnya adalah menyewa alat mining pada sebuah perusahaan atau perseorangan yang biasanya disediakan pada beberapa web (cloudmining).

Ponzi
Ponzi adalah modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan pada investor berdasarkan uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan sang investor berikutnya, bukan dari keuntungan perusahaan yang mengiming imingi.  Dapat ditarik kesimpulan bahwa orang yang paling cepat menginvestasikan uangnya di dalam lingkaran ponzi, adalah orang yang akan beruntung. Sebaliknya, jika kamu mendaftarkan diri di situs ponzi pada saat situs tersebut sudah berumur cukup lama maka resiko scam akan lebih besar. Uang kamu akan di embat si pemilik situs ponzi :D

PO (payout)
PO atau singkatan dari payout dapat diartikan sebagai pembayaran sebuah situs mining/hyip/PTC dll ke dalam akun kita (GAJIAN).

Pool
Pool adalah sekumpulan client-client mining yang secara bersama-sama menambang satu block khusus, dan kemudian membagi perolehan output atau hasil penambangan kepada para penambang di pool tersebut. Mining Pool merupakan cara yang cocok untuk menaikkan kemungkinan keberhasilan dalam menambang satu blok khusus ditengah terus meningkatnya tingkat kesulitan penambangan (mining difficulty).

Public key (kunci publik)
Public key merupakan string alfanumerik yang diketahui oleh publik, dan di-hash menggunakan string yang lain, yaitu string yang disimpan secara eksklusif dan digunakan untuk menandai suatu komunikasi digital. Contoh dalam kasus cryptocurrency, kunci publik adalah alamat (wallet) bitcoin.

Pump and Dump
Pump and dump bisa diartikan sebagai aktivitas menggelembungkan nilai aset keuangan yang sudah didapatkan atau diperoleh dengan harga murah, menggunakan cara publikasi secara agresif agar memberikan laporan yang acapkali menyesatkan. Publikasi secara agresif akan mengakibatkan orang lain mengakuisisi aset menggunakan nilai yang terlalu dipaksakan. Ketika nilai suatu coin sedang tinggi atau rendah, pelaku Pump dan Dump akan menjual aset mereka, menguangkan dan membanjiri pasar, yang mengakibatkan nilai coin menjadi berubah menjadi turun atau naik.

ROI (Return on investment)
ROI atau Return on investment, istilah ROI yang biasa digunakan pada dunia mining adalah kembalinya jumlah coin kita yg diperoleh berdasarkan hasil (profit) sebuah investasi. Kembalinya coin atau harga sejumlah modal dari investasi awal kita. Pengertian singkatnya sih balik modal lah.


Satoshi
Satoshi adalah pecahan terkecil bitcoin yang tersedia saat ini (0.00000001 BTC).

Scam
Apa itu scam? Penjelasan singkatnya adalah "Tidak Membayar".

Scrypt
Pada dunia cryptocurrency, scrypt adalah sebuah proof of work, alternatif dari SHA-256, dirancang untuk menjadi yang paling ramah (baca:paling mudah) kepada para penambang yang memakai CPU & GPU, sementara menawarkan sedikit keuntungan untuk ASIC penambang.

SHA-256
SHA-256 adalah fungsi kriptografi yang digunakan sebagai dasar sistem proof of work bitcoin.

WD (withdraw)
WD atau withdraw adalah proses transfer coin dari akun mining/hyip/PTC dll ke wallet coin kita.

Transaction Block
Transaction Block merupakan kumpulan transaksi yan terjadi di jaringan coin, dikumpulkan ke dalam sebuah blok yang kemudian bisa di-hash & ditambahkan ke rantai blok (block chain).

Transaction Fee
Merupakan biaya yang dikenakan dalam beberapa transaksi yang dikirim melalui jaringan coin. Biaya transaksi dikenakan kepada penambang yang berhasil melakukan hash dalam blok yang berisi transaksi yang bersangkutan. Gampangnya sih pajek transaksi lah :D

UBTC
uBTC merupakan satuan untuk 1 microbitcoin (0.000001 BTC)

Wallet
Wallet atau kalau diartikan ke bahasa indonesia adalah dompet, merupakan sebuah metode untuk menyimpan coin yang akan digunakan di kemudian hari. Sebuah wallet menyimpan private key yang terkait menggunakan alamat tertentu. Rantai blok (block chain) merupakan catatan jumlah coin yang terkait menggunakan alamat-alamat tersebut.

Wire Transfer
Wire Transfer merupakan aktivitas mentransfer uang secara elektronik dari satu orang ke orang lain.

Zerocoin
Zerocoin adalah sebuah protokol yang didesain untuk menciptakan transaksi cryptocurrency yang benar-benar anonim.

Zero-confirmation Transaction
Transaksi dimana pedagang secara senang  hati memberikan produk atau jasa sebelum transmisi coin dikonfirmasi oleh si penambang dan akan ditambahkan ke rantai blok (block chain). Disamping itu, hal ini mengandung resiko double spending.



Posting Komentar untuk "Kumpulan Istilah Istilah Dalam Dunia Cryptocurrency"